TUGAS 2
Aspek Lingkungan Ekonomi, Pola Konsumsi, dan
Perkembangan Pasar
Tinjauan Ekonomi Dunia
Ekonomi dunia terjadi perubahan besar sejak perang
dunia II. Perubahan paling besar dan mendasar adalah munculnya pasar global.
Integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan (misalnya: Uni Eropa dan
Nafta).
Realitas perubahan Ekonomi Dunia :
1. Penggerak
ekonomi dunia adalah perpindahan
modal, bukan lagi perdagangan.
2. Produktifitas telah terlepas hubungannya
dengan tingkat pekerja.
Dahulu, semakin banyak pekerjanya maka semakin besar
produktifitas yang dihasilkannya. Namun sekarang setelah adanya pemasaran
global, perusahaan mengurangi pekerjanya dan produktifitas yang dihasilkan
tetap sama, karena perusahaan memanfaatkan kemajuan teknologi.
3. Ekonomi dunia mendominasi keadaan.
Bisnis sukses jika pimpinan bisnis dan pembuat
kebijakan focus pada ekonomi dan pasar bisnis.
4. Berakhirnya perang dingin kapitalisme dan
sosialisme
Komunisme sebagai system ekonomi telah terguling oleh
kapitalisme.
Sistem Ekonomi
Ada 3 jenis sistem ekonomi yaitu: kapitalis, sosialis,
dan campuran. Klasifikasi ini berdasar metode alokasi sumberdaya dalam system,
yaitu: alokasi pasar, alokasi berdasar perintah, dan alokasi campuran.
1. Alokasi Pasar
Sistem ini mengandalkan konsumen yang mengalokasikan
sumberdaya. Konsumen yang memutuskan apa yang akan diproduksi oleh siapa.
Sistem pasar adalah suatu demokrasi ekonomi. Masyarakat punya hak memberi suara
dengan uang mereka untuk barang yang sesuai dengan pilihan mereka.
2. Alokasi berdasar perintah (alokasi komando)
Dalam system ini pemerintah berkuasa untuk melayani
masyarakat termasuk keputusan pruduk mana yang harus dibuat dan cara
membuatnya. Konsumen bebas berbelanja apapun yang tersedia tapi keputusan apa
yang diproduksi dan apa yang tersedia ditentukan oleh perencana pemerintah.
Bauran pemasaran tidak digunakan sebagai variabel strategis dan distribusi
ditangani oleh pemerintah.
3. Alokasi campuran
Dalam kenyataannya sebenarnya yang ada adalah sistem
campuran kedua sistem atau alokasi tersebut diatas.
Perkembangan Pasar
Pasar global tiap Negara dalam tahap perkembangan yang
berbeda. PNB perkapita merupakan dasar segmentasi demografi yang berguna. Atas
dasar ini maka ada 4 kategori pasar global:
1. Negara berpenghasilan rendah atau Negara pra
industri (PNB per kapita < $766).
2. Negara berpendapatan menengah bawah atau Negara
berkembang (PNB per kapita $766 - $3.036).
3. Negara berpendapatan menengah atas atau Negara
industri baru (PNB per kapita $3.036 - $9.386).
4. Negara berpendapatan tinggi atau Negara maju
atau Negara industri (PNB per kapita > 9.386).
Pola Konsumsi
Pola konsumsi adalah susunan kebutuhan seseorang
terhadap barang dan jasa yang akan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, yang
dipenuhi dari pendapatannya.
Perbedaan pola konsumsi tiap orang tidak hanya
dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan, tapi juga dipengaruhi oleh
faktor-faktor berikut:
a. tingkat pendidikan/pengetahuan;
b. kondisi tempat tinggal iklim;
c. jenis pekerjaan;
d. tingkat peradaban bangsa;
e. kebiasaan dan kondisi sosial budaya
masyarakat;
f. tinggi rendahnya harga barang dan jasa;
g. selera yang sedang berkembang di masyarakat.
Pola konsumsi orang berbeda-beda, tetapi secara umum
dalam berkonsumsi orang akan mendahulukan kebutuhan pokok, baru kemudian
memenuhi kebutuhan lainnya.
Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran adalah catatan dari semua transaksi
ekonomi antara penduduk dari sebuah Negara dari belahan dunia lain. Neraca
pembayaran dibagi menjadi apa yang disebut dengan transaksi berjalan dan
transaksi modal. Transaksi berjalan adalah catatan dari semua perdagangan
barang dan jasa, transaksi hibah swasta dan bantuan pemerintah antar Negara.
Perkiraan modal mencatat semua investasi langsung jangka panjang dan arus
keluar-masuk modal jangka panjang serta jangka pendek. Tanda negative
menandakan keluarnya uang.
Pola Perdagangan
Setelah perang dunia II, pertumbuhan impor dan ekspor
melebihi kecepatan kenaikan PNB, investasi langsung oleh pihak asing berkembang
5 kali lebih cepat daripada perdagangan dunia dan 10% lebih cepat daripada PNB.
Pada 1994, nilai perdagangan dunia $4,1 triliun dengan 75% ekspor dunia
dihasilkan oleh Negara-negara industry dan 25% oleh Negara-negara berkembang.
Sektor pertumbuhan perdagangan dunia yang paling cepat
adalah perdagangan dalam bidang jasa, meliputi: perjalanan dan hiburan,
pendidikan, bisnis jasa seperti keahlian teknik, akuntansi, biro jasa hokum,
pembayaran royalty, dan biro lisensi. Sayangnya, statistic dan data mengenai
perdagangan jasa tidak selengkap perdagangan barang.
Lingkungan Sosial dan Budaya, dan Aspek-Aspeknya
termasuk Negoisasi
Aspek Dasar Budaya
Bagi ahli antropologi dan sosiologi, budaya adalah
“cara hidup” yang dibentuk oleh sekelompok manusia yang diturunkan dari satu
generasi ke generasi berikutnya. Budaya termasuk kesadaran dan ketidaksadaran
akan nilai, ide, sikap, dan simbol yang membentuk perilaku manusia dan
diteruskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Seperti didefinisikan
oleh seorang ahli antropologi organisasi Geert Hofstede, budaya adalah “tatanan
kolektif dari pikiran yang membedakan anggota tersebut dari satu kategori orang
dengan orang lainnya.”
Pandangan Ahli Antropologi
Seperti diutarakan oleh Ruth Benedict dalam karya
klasiknya berjudul The Chrysanthemum and the Sword, tidak peduli betapa aneh
tindakan atau pendapat seseorang , cara seseorang berpikir, merasa, dan
bertindak mempunyai hubungan dengan pengalamannnya di dunia ini. Tidak masalah
jika tindakan dan opini dirasakan sebagai gagasan yang aneh oleh orang lain.
Pemasar global yang berhasil harus memahami pengalaman manusia dari sudut
pandang lokal dan menjadi orang dalam melalui proses empati budaya.
Pendekatan Analisis Faktor-Faktor Budaya
Untuk mengatasi sikap etnosentris budaya, para manajer
harus berusaha untuk mempelajari dan menginternalisasi perbedaan-perbedaan
budaya itu.
a. Menerima bahwa kita tidak akan pernah
benar - benar memahami diri kita sendiri atau orang lain
b. Sistem persepsi kita sangat terbatas
c. Kita menghabiskan sebagian besar energi
untuk mengelola masukan persepsi
d. Ketika kita tidak memahami keyakinan dan nilai
- nilai sistem budaya tertentu dan masyarakat, hal - hal yang kita amati dan
pengalaman mungkin tampak "aneh.“
e. Berusaha untuk memahami bahwa keyakinan budaya
itu, motif, dan nilai.
Negosiasi
Negosiasi adalah sebuah pendekatan yang digunakan
untuk mengelola atau menangani konflik yang ada di dalam berbagai bidang
dan konteks komunikasi yaitu komunikasi interpersonal atau komunikasi
antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi antar
budaya, komunikasi lintas budaya, komunikasi bisnis, komunikasi bisnis lintas
budaya, dan komunikasi internasional, dan komunikasi pemasaran.
Negosiasi merupakan salah satu bentuk manajemen
konflik selain mediasi dan dialog. Negosiasi lebih menekankan pada adanya
pertukaran usulan yang ditujukan untuk meminimalisir perbedaan akibat adanya
ketidaksesuaian tujuan yang dialami para anggota dengan cara menciptakan sebuah
kesepakatan. Umumnya, negosiasi dapat kita temui dalam berbagai bidang
kehidupan seperti proses transaksi antara penjual dan pembeli, perjanjian
bisnis, interaksi antara pihak manajemen dan buruh dalam sebuah perusahaan,
hubungan pernikahan, situasi penyanderaan, kerusakan lingkungan, dan lain-lain.
Produk Industri
Berbagai faktor budaya yang telah dijelaskan
sebelumnya mempunyai pengaruh penting pada pemasaran produk industri di seluruh
dunia dan harus dikenali dalam merumuskan rencana pemasaran global. Beberapa
produk industri dapat menunjukkann sensitivitas lingkungan yang rendah, seperti
dalam kasus chip komputer, misalnya, atau tingkat tinggi, seperti dalam kasus
generator turbin yang mana kebijakan pemerintah untuk “pembelian nasional”
menunjukkan bahwa tawaran dari penawar asing itu tidak menguntungkan.
Produk konsumen
Pengamatan dan studi menunjukkan bahwa tanpa
tergantung pada kelas sosial dan pendapatan, budaya mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap perilaku konsumsi, penggunaan media, dan kepemilikan barang
yang tahan lama. Produk konsumen mungkin lebih peka terhadap perbedaan budaya
daripada produk industri. Rasa lapar merupakan suatu kebutuhan fisiologis dasar
dalam hirarki Maslow; semua orang butuh makan, tapi apa yang akan kita makan
sangat dipengaruhi oleh budaya.
Lingkungan Legal dan Peraturan, dan Aspek Lisesnsi dan
Antitrust
Hukum Internasional
Hukum internasional dapat didefinisikan sebagai
peraturan dan prinsip yang dipandang mengikat oleh berbagai negara dan bangsa.
Ada dua kategori hukum internasional: hukum publik atau hukum internasional dan
hukum perdagangan internasional. Hukum internasional menyangkut bidang
perdagangan dan bidang lain yang secara tradisional berada di bawah yuridiksi
dari masing-masing bangsa. Hukum inetrnasional awalnya mengenai pernyataan
perang, menetapkan perdamaian, dan isu politik yang lain seperti pengakuan
pengakuan diplomatik atas kesatuan negara dan pemerintah yang baru.
Organisasi kawasan
Organisasi internasional yang beranggotakan beberapa
negara dan mencakup badan geopolitik yang operasinya tidak memandang batas
negara-bangsa. Keanggotaannya ditentukan oleh batas geografi tertentu seperti
benua atau batas geopolitik seperti blok ekonomi. Organisasi kawasan didirikan
untuk mendorong kerja sama dan integrasi politik dan ekonomi atau dialog
antarnegara atau antarlembaga dalam satu wilayah geografis atau geopolitik
tertentu. Organisasi ini menggambarkan pola pembangunan dan sejarah yang muncul
sejak akhir Perang Dunia II serta fragmentasi di dalam globalisasi. Sebagian
besar OK bekerja sama dengan organisasi-organisasi multilateral seperti
Perserikatan Bangsa-Bangsa. Meski organisasi kawasan kadang disebut organisasi
internasional, istilah organisasi kawasan dianggap lebih masuk akal karena
menekankan cakupan keanggotaannya yang lebih terbatas.
Lisensi
Lisensi merupakan cara yang mudah bagi produsen untuk
terlibat dalam pemasaran internasional. Pemneri lisensi memberi izin kepada
perusahaan asing untuk menggunakan proses manufaktur, merek dagang, paten,
rahasia dagang atau jenis nilai lain untuk mendapatkan fee atau royalty.
Lisensi masuk pasar luar negeri dengan sedikit resiko, pemegang lisensi
memperoleh keahlian produksi dengan nama terkenal tanpa harus memulai dari
awal.
Untuk menghindari terjadinya pesaing dimasa depan
pihak pemberi lisensi biasanya memberi atau memasok beberapa komponen pemilik
yang dibutuhkan dalam produk itu. Namun harapan utamanya adalah agar pemegang
lisensi memimpin dalam inovasi sehingga licencee akan terus bergantung pada
licencor ini.
Perusahaan dapat memasuki pasar kuar negeri dengan
dasar lain. Perusahaan dapat menjual kontrak manajemen untuk mengelola untuk
mengelola suatu badan usaha untuk mendapatkan fee. Dalam hal ini perusahaan
mengskspor jasa bukan produk. Kontrak manajeman merupakan metode manajeman
menjual produk ke pasar luar negeri dengan resiko rendah dan mendapat
penghasilan dari pengontrak. Metode masuk lainnya yaitu dengan kobtrak
manufaktur. Dimana perusahaan menggunakan produsen local untuk menghasolkan
produk itu. Akan tetapi kontrak mempunyai kekurangan yaitu control yang lebih
sedikit terhadap proses manufaktur dan hilangnya laba potensial dari kegiatan
manufaktur.
Antitrust
Hukum atau Undang-Undang "Antipakat"
(antitrust) atau hukum/undang-undang persaingan, merupakan peraturan melawan
kebiasaan dagang yang merendahkan persaingan atau dianggap tidak adil. Istilah
antitrust diambil dari hukum Amerika Serikat yang awalnya dibuat untuk
memerangi bisnis trust - sekarang umum dikenal sebagai kartel.
Contoh :
Amerika Serikat v. Addyson Pipe & Steel Company
(1898)
· Naked vs. Ancillary price fixing.
· Enam perusahaan pipa baja
yang mengendalikan lebih dari 50% pasar di bagian barat dan tengah Amerika
Serikat berkolusi untuk menaikkan harga pipa di pasar itu.
· Pembentukan kartel tak hanya
mereduksi kompetisi, untuk itu langsung terhitung ilegal. Penetapan harga yang
“naked” atau terbuka adalah per se ilegal, tanpa harus melihat alasan di
belakangnya. Walau demikian, saat reduksi kompetisi ini adalah pertimbangan
kedua dari kartel atau merger, maka menguji alasan mengapa terjadi kartel atau
merger harus dilakukan.
Aspek Pengambilan Keputusan Keuangan terkait dengan
Kurs Mata Uang Asing, serta kemungkinan Implikasi Bisnis yang terjadi akibat
Fluktuasi Nilai Tukar
Sistem Keuangan Internasional
Sistem keuangan internasional mulai dikenal pada tahun
1870, dimana saat itu emas merupakan standar dalam menentukan jumlah uang yang
bisa dicetak oleh suatu negara. Yang dimaksud disini adalah negara tidak lagi
menerapkan penggunaan mata uang dari emas, melainkan negara mencetak uang
kertas yang mana nilai dari banyaknya uang yang bisa dicetak harus sesuai
dengan jumlah emas yang dimiliki negara. Kemudian sistem keuangan ini terus
mengalami perubahan seiring adanya faktor-faktor yang berpengaruh pada
kestabilan ekonomi dari waktu ke waktu.
Berikut sistem keuangan internasional yang pernah
diterapkan mulai dari zaman dahulu hingga sekarang :
1. Sistem Standar Emas
Sistem standar emas adalah sistem keuangan yang
berdasar pada nilai emas sebagai acuan untuk alat pembayaran yang sah, dasar
penentuan nilai uang, dan sebagai dasar dalam menentukan atau pembanding nilai
tukar mata uang. Hakikatnya nilai mata uang suatu negara apakah itu berupa uang
kertas maupun jenis lainnya, dalam sistem standar emas nilai mata uang tersebut
akan berkaitan langsung dengan nilai emas yang dimiliki oleh suatu negara.
Sederhananya adalah negara berhak mencetak uang sebanyak-banyaknya sesuai
dengan mata uang negara yang sah dengan persyaratan jumlah emas yang disimpan
atau dimiliki oleh negara memiliki nilai yang sama dengan jumlah uang yang
dicetak.
2. Sistem Bretton Woods
Berakhirnya perang dunia pertama membawa dampak buruk
yang berkepanjangan terhadap laju perkembangan perekonomian di seluruh
negara-negara di dunia. Penerapan sistem standar emas dinilai tidak lagi sesuai
dengan kondisi negara setelah perang dunia pertama, hal ini disebabkan
berkurangnya pasokan komoditas emas untuk dikonversi kedalam mata uang negara. Dengan
memburuknya kondisi ekonomi yang dirasakan oleh banyak negara, kemudian
mendorong banyak negara untuk memecahkan permasalahan yang sama dengan
mengadakan pertemuan dengan negara-negara di dunia untuk mencari solusi dalam
memperbaiki kondisi perekonomian pasca perang, terutama dalam masalah sistem
keuangan atau moneter.Pertemuan tersebut dilaksanakan di Bretton Woods, New
Hampshire, Amerika Serikat pada tahun 1944 dan dihadiri oleh perwakilan dari 44
negara di dunia. Dari pertemuan ini kemudian akan menjadi sebuah sejarah
tentang terbentuk sistem baru dalam dunia keuangan internasional yang
diposisikan sebagai pengganti dari sistem standar emas yaitu Sistem Bretton
Woods.
3. Sistem Kurs Mengambang Terkendali
Tahun 1972 merupakan tahun dimana Sistem Bretton Woods
tidak dijalankan lagi, karena mengalami banyak masalah yang berakibat pada
ketidakstabilan cadangan emas yang dimiliki oleh Amerika. Setelah Sistem
Bretton Woods berakhir maka sistem moneter internasional mulai diambil alih
oleh IMF yang kemudian lahirlah sistem keuangan baru yang disebut dengan Sistem
Kurs Mengambang Terkendali atau Managed Float. Yang dimaksud dengan Sistem Kurs
Mengambang Terkendali adalah sebuah sistem keuangan internasional yang
merupakan penggabungan antara sistem nilai tukar tetap dan sistem nilai
fleksibel. Dengan menerapkan sistem ini maka akan terlihat perubahan nilai
tukar yang terus berubah-ubah setiap harinya dan hal ini menunjukkan sebuah
respons terhadap aktivitas pasar. Karena sifat yang dinamis inilah maka dibutuhkan
sebuah perantara atau media yang memiliki pengaruh dalam mengendalikan
kestabilan pasar terhadap perubahan nilai tukar, perantara atau media yang
dibutuhkan dalam kegiatan pasar diwakili oleh adanya bank sentral.
Mata Uang Asing
Mata Uang Asing atau Valuta asing merupakan mata uang
yang diakui, digunakan, dipakai, dan juga diterima sebagai alat pembayaran
dalam perdagangan internasional. Valuta asing yang banyak dipakai biasanya
merupakan mata uang suatu negara yang memiliki peranan ataupun kendali yang
cukup besar dalam sistem perekonomian di seluruh dunia. Di seluruh dunia
sendiri, valuta asing yang paling banyak digunakan adalah Dollar.
Valuta asing merupakan bagian dari devisa suatu
negara. Devisa sendiri merupakan setiap kekayaan yang dimiliki oleh suatu
negara yang berada di luar negeri yang wujudnya dapat berupa barang, jasa, atau
bahkan mata uang yang digunakan sebagai alat transaksi perdagangan lintas
negara. Devisa suatu negara yang berbentuk mata uang ini lah yang sering kita
sebut dengan istilah valuta asing.
Implikasi Bisnis Akibat Fluktuasi Nilai Tukar
Fluktuasi mata uang adalah hasil alami dari sistem
nilai tukar yang berubah-ubah yang merupakan norma dari sebagian besar
perekonomian utama. Nilai tukar satu mata uang terhadap yang lain dipengaruhi
oleh berbagai faktor fundamental dan teknis. Termasuk diantaranya jumlah
pasokan dan permintaan dari dua mata uang tersebut, kinerja ekonomi, prospek
inflasi, perbedaan suku bunga, arus modal, dukungan teknis dan tingkat
resistensi, dan sebagainya. Karena faktor-faktor ini umumnya dalam keadaan
fluks terus-menerus maka nilai mata uang berfluktuasi dari waktu ke waktu.
Namun, walaupun tingkat mata uang sebagian besar seharusnya ditentukan oleh
ekonomi yang mendasarinya, hal ini sering berubah-ubah, karena gerakan besar
dalam mata uang juga bisa mendikte nasib perekonomian suatu negara.
Sedangkan dampak perputaran mata uang terhadap
perekonomian jauh jangkauannya, kebanyakan orang justru tidak terlalu
memperhatikan nilai tukar mata uang karena sebagian besar bisnis dan transaksi
mereka dilakukan dengan mata uang domestik . Untuk sebagian konsumen, nilai
tukar hanya diperlukan untuk kegiatan atau transaksi tertentu seperti misalnya
bepergian ke luar negeri, pembayaran barang impor atau pengiriman uang
luar negeri sesekali waktu.
Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global
Sistem Informasi Global
Sistem informasi global adalah sebuah sistem dari
jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara. Definisi lain dari Sistem
Informasi Global adalah sebuah sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang
digunakan untuk penyimpanan, pengambilan, pemetaan dan analisis data geografis.
Dari segi definisi penggunaan Sistem informasi global
adalah sistem informasi yang berbasis komputer yang melintasi batas batas
negara dimana perusahaan multinasional dengan sistem tersebut bisa
mengintegrasikan seluruh kegiatan perusahaan seperti penyusunan strategi,
pelaksanaan operasi antara perusahaan induk dengan perusahaan cabangnya bahkan
yang di mana perusahaan cabangnya telah tersebar di berbagai negara lainnya.
Riset Pemasaran
Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian dalam
bidang pemasaran. Riset pemasaran harus dilakukan secara sistematis, yakni
mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan dari riset pemasaran,
pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil riset
pemasaran yang diperoleh. Riset pemasaran dilakukan sebagai upaya memberi
masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen
akan mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa
yang masih konkrit dilakukan untuk merebut peluang.
Teknik Analisis Riset Pasar Internasional
1. Analisis pola permintaan.
Pola pertumbuhan industry dapat membantu pemahaman
mengenai permintaan pasar.
2. Pengukuran elastisitas pendapatan.
Elastisitas pendapatan menguraikan hubungan antara
permintaan akan barang & perubahan dalam pendapatan.
3. Perkiraan dengan analogi.
· Perbandingan lintas bagian dengan
mengasumsikan bahwa terdapat analogi antara hubungan suatu factor dengan
permintaan produk atau komoditi tertentu dalam 2 negara.
· Menggeser urutan waktu kejadian : jika
data tersedia di 2 pasar dengan tingkat perkembangan yang berbeda.
4. Analisis perbandingan. Ada 3 kategori
dasar :
· Perbandingan nasional, baik intra
perushaan maupun antar perusahaan.
· Perbandingan dalam perusahaan
lintas nasional.
· Perbandingan didasarkan pada
pasar nasional subnasional.
5. Analisis kelompok / cluster analysis
Tujuannya adalah membagi-bagi beberapa ariabel ke
dalam kelompok-kelompok untuk memaksimalkan persamaan dalam kelompok &
perbedaan antar kelompok.
6. Indeks factor berganda / multiple factor
index.
Analisis regresi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar