TUGAS 1
Manajemen
Pemasaran Global, Konsep Pemasaran Global, Kekuatan Yang Mendorong dan
Menghambat, Orientasi Manajemen, dan Bisnis Internasional
IG : _tebyy_
Konsep Pemasaran Universal
1. Konsep
produksi
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi
bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian
focus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya agar
dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen
2. Konsep
produk
Aggapan pemasar bahwa konsumen
lebih menghandaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik. Dengan demikian tujuan bisnis perusahaan adalah pengendalian kualitas.
3. Konsep
penjualan
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat
penjualan bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat
sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian
focus kegiatan perusahaan adalah usaha-usaha meningkatkan cara-cara penjualan
dan kegiatan promosi yang instensif agar mampu mempengaruhi, membujuk konsumen
untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat.
4. Konsep
pemasaran
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan
eksternal bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang mampu memenuhi
kebutuhan dan memberikan kepuasan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan
adalah berusaha memenuhi kepuasan pelanggan melalui pemahaman perilaku
konsumen.
5. Konsep pemasaran yang memasyarakat
(sosial)
Anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli
produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan
sosial konsumen. Tujuan kegiatan perusahaan adalah disamping berusaha memenuhi
kebutuhan masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat
untuk peningkatan kesejahteraannya.
Pemasaran Domestik ke Pemasaran Global
1. Pemasaran
Domestik
Pemasaran yang secara nyata ditunjukkan pada pasar
dalam negeri disebut pemasaran domestik. Orientasi mereka adalah bersifat
“ETHNO CENTRIC”, yaitu bahwa sifat pasar atau Konsumen dimanapun akan sama ,
sehingga manajemen memandang pasar Domestik padat dengan peluang yang jauh
lebih aman.
2. Pemasaran
Ekspor
Adalah tahap pertama untuk menanggapi kesempatan pasar
di luar negeri. Pemasar ekspor menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran
dan menggantungkan diri pada produksi dalan negeri untuk memasok pasar ini.
Fokus dalam tahap ini adalah memanfaatkan produk dan pengalaman dalam negeri.
3. Pemasaran
Internasional
Bertindak lebih jauh lagi dari pemasara ekspor dan
menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat
perusahaan tadi melakukan bisnis.
4. Pemasaran
Multinasional
Organisai pemasaran internasional mulai dengan
menfokuskan pada memanfaatkan pengalaman dan produk perusahaan.
5. Pemasaran
Global / Transnasional
Menfokuskan pada pemanfaatan asset, pengalaman dan
produk perusahaan secara global dan pada melakukan penyesuaian pada apa yang
benar-benar unik dan berbeda dalan setiap negara. Konsep ini mengakui budaya
universal dan perbedaan pasar yang unik.
Kekuatan Yang Mendorong dan Yang Menghambat
Kekuatan Yang Mendorong
1. Kebutuhan
Pasar
Kebanyakan pasar global tidak terjadi secara alami.
Pasar seperti itu harus diciptakan dengan usaha pemasaran.
2. Teknologi
Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke
arah menyatunya hal-hal yang sudah umum, dan kekuatan itu adalah teknologi.
Teknologi menyederhanakan komunikasi,
transportasi dan perjalanan.
3. Biaya
Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa dan
desain di semua fungsi bisnis, dari rekayasa dan pembuatan sampai pemasaran dan
administrasi.
4. Mutu
Volume global menghasilkan penerimaan yang lebih besar
dan margin operasi yang lebih besar untuk mendukung mutu desain dan pembuatan.
Sebuah perusahaan global dan lokal mungkin masing-masing mengeluarkan 5 persen
untuk riset dan pengembangan, tetapi perusahaan global mungkin mempunyai
pendapatan 10 kali lebih besar dari perusahaan lokal.
5. Komunikasi
Dan Transportasi
Revolusi informasi memberikan kontribusi pada
berkembangnya pemasaran global. Setiap orang menginginkan perwujudan produk
yang terbaik, paling mutakhir dan paling modern.
6. Daya
Tuas
Salah satu kelebihan perusahaan global adalah
kesempatan untuk mengembangkan daya tuas yang dimilikinya karena perusahaan itu
beroperasi secara stimultan di lebih dari satu pasar nasional.
Kekuatan Yang Menghambat
1. Perbedaan
Pasar
Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup
banyak di antara batas negara dan budaya yang memerlukan adaptasi paling
sedikit dari bauran pemasaran. Perusahaan yang mengabaikan perbedaan ini dan
yang telah mencoba strategi merek dagang global tanpa memikirkan perbedaan ini
akan menghadapi kegagalan.
2. Sejarah
Bahkan sekalipun produknya sendiri merupakan calon
yang baik untuk globalisasi, sejarah merek dagang mungkin masih memerlukan
strategi pemasaran yang khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu
penentuan posisi sendiri.
3. Kecadokan
Manajemen
Sebuah contoh dari kecadokan manajemen adalah
perusahaan yang tidak mempertahankan kepemimpinan dalam menciptakan nilai
pelanggan ketika memperluas wilayah geografi. Sebuah perusahaan yang melihat ke
belakang tidak memperluas wilayahnya secara geografis.
4. Budaya
Organisasi
Dalam perusahaan dengan manajemen anak perusahaan
mengetahui semuanya, tidak ada lagi ruang untuk visi dari puncak. Perusahaan
global yang sukses adalah pemasar yang telah belajar cara memadukan visi global
dan perspektif dengan inisiatif dan masukan pasar lokal.
5. Kendali
Nasional/Hambatan untuk Masuk Suatu Negara
Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan
kepentingannya dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.
Kendali ini bervariasi dari yang berteknologi rendah berupa pengendalian
monopoli tembakau dari akses ke pasar tembakau sampai yang berteknologi tinggi
berupa pengendalian pemerintah nasional terhadap pasar pemancar
Kekuatan Yang Mendasari Bisnis Internasional
1. Orientasi
Manajemen
Orientasi adalah asusmsi atau keyakinan, yang
seringkali tidak disadari, mengenai sifat dunia ini. Ada 3 orientasi dasar yang
menjadi pedoman pekerjaan eksekutif internasional; etnosentris, polisentris,
dan geosentris. Konsep ini kemudian dikembangkan dengan memasukan orientasi
regional dan menjadi skema EPRG (etnosentrisme, polisentrisme, regiontrisme,
geosentrisme).
2. Kerangka Kerja Moneter
Internasional
Pertumbuhan yang cepat dari perdagangan dan investasi
dalam era pasca perang dunia II telah menciptakan kebutuhan likuiditas
internasional yang semakin mendesak untuk mempermudah pertukaran barang dan
jasa antar negara. Dengan adanya kerangka kerja moneter internasional yang
memadai memungkinkan perusahaan untuk membiayai perdagangan dan investasi
global, dan untuk meneruskan usaha pemasaran global mereka.
3. Sistem
Perdagangan Dunia
Sistem perdagangan dunia pasca perang dunia II disusun
dengan keinginan umum menghindari kembalinya praktik perdangangan terbatas dan
diskriminatoris seperti yang terjadi pada tahun 1920-an. Ada komitmen untuk
menciptakan dunia bebas yang memungkinkan arus barang dan jasa secara bebas
antar negara. Sistem yang muncul dari komitmen ini termasuk General Agreement
on Tarrifs and Trade (GATT), yang menyediakan kerangka kerja institusional dan
satu rangkaian yang terdri dari empat peraturan dan prinsip dalam usaha yang
membebaskan perdagangan.
4. Perdamaian
Global
Sejak tahun 1945 dunia masih terbebas dari konflik
besar dunia seperti yang menandai paruh pertama abad ini. Walaupun kondisi ini tidak
sepenuhnya damai, tetapi keadaan ini menyediakan dasar yang relatif stabil
untuk perekonomian yang sehat dan cepat.
5. Pertumbuhan
Ekonomi Domestik
Jadi ada dua alasan mengapa pertumbuhan ekonomi
menjadi kekuatan yang mendasari perluasan ekonomi internasional. Pertama,
pertumbuhan telah menciptakan kesempatan pasar. Adanya kesempatan pasar menjadi
faktor pendorong perusahaan untuk memperluas jangkauannya ke pasar
internasional. Kedua, pertumbuhan ekonomi telah mengurangi penolakan, yang
mungkin telah berkembang, sebagai respons terhadap masuknya perusahaan asing ke
dalam ekonomi domestik.
6. Teknologi
Komunikasi dan Transportasi
Hambatan waktu dan biaya akibat jarak telah jauh
berkurang dalam 100 tahun terakhir. Meningkatnya kecepatan dan kapasitas
komunikasi berbiaya rendah merupakan kekuatan utama untuk mempermudah perluasan
bisnis internasional.
7. Korporasi
Global
Korporasi global, atau perusahaan apapun yang
mempunyai tujuan bisnis global dengan menghubungkan sumber daya dunia dengan
kesempatan pasar dunia, adalah organisasi yang telah bereaksi terhadap kekuatan
yang mendorong, menghambat, dan melandasi di dunia.
Perencanaan Pemasaran Global, dan Tahap-tahap
Pengembangan Perusahaan Transnasional
Konsep Kunci Untuk Memahami Peluang dan Tantangan
Pemasaran Global
Sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah
organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan
kenyataan dari lingkungan bisnis.
Terdapat tiga dimensi strategi yaitu:
1. Strategi
a. Lingkungan eksternal perusahaan
b. Organisasi
(lingkungan internal perusahaan)
c. Nilai pihak yang berkepentingan
2. Perusahaan di dunia
3. Pengelompokan, segmentasi dan target pemasaran
a. Ukuran pasar
b. Geografis adalah kriteria pengelompokan dengan
makna yang besar, negara yang saling berdekatan mempunyai perbedaan dan
persamaan.
c. Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang
membedakan pasar.
4. Kepekaan lingkungan
Contohnya produk-produk mewah tidak dapat dijual pada
konsumen yang berpendapatan rendah. Hypermarket yang menjual makanan, perabotan
atau barang-barang tahan lama membutuhkan sejumlah besar konsumen dengan
kemampuan pembelian yang besar pula terhadap barang-barang tersebut.
5. Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan
Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek
serupa memberikan pengaruh yang menyatukan. Apabila analisis sebuah pasar hanya
memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa, hasilnya adalah analisis
sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau
terlalu berbeda.
6. Daur hidup produk
Suatu produk mempunyai karakteristik atau kehidupan
normal dengan urutan awal atau kelahiran dan pertumbuhan cepat (tahap
pertumbuhan) diikuti dengan pertumbuhan yang kecepatannya menurun, tidak ada
pertumbuhan, penurunan dan akhirnya mati.
Tahap-Tahap Pengembangan Korporasi Transnasional
Mengenai Tipologi Dinamis
1. Tahap 1: Domestik
a. Domestik dalam fokus, visi, dan operasi
b. Orientasi etnosentris. Fokus pada pasar, pemasok
dan pesaing domestik
c. Pengamatan lingkungan bersifat domestik
d. Hal yang dilakukan jika sudah mencapai batas
pertumbuhan pasar akan melakukan variasi memasuki pasar, produk, teknologi baru
bukan penetrasi pasar internasional
2. Tahap 2: Internasional
a. Memperluas pemasaran, pabrik, dan kegiatan lain di
luar negeri
b. Mencari peluang di pasar internasional namun tetap
etnosentris (home country oriented)
c. Meyakini bahwa cara-cara melakukan bisnis, orang,
kebiasaan, nilai-nilai, dan produk negeri sendiri lebih unggul dibandingkan
dengan yang ada dimanapun di dunia
d. Strategy of ‘extension’ à fokus pada perluasan
bauran pemasaran
3. Tahap 3: Multinasional
a. Tidak ada kata gagal, yg ada hanya “learning”
b. Menggunakan strategi multidomestik
c. Orientasi polisentris
d. Menyesuaikan bauran pemasaran domestik agar cocok
dengan pilihan dan kebiasaan pasar internasional
4. Tahap 4: Global
a. Strategi dengan menggunakan pemasaran global atau
mencari pemasok global
b. Fokus secara global dan supply berasal dari pasar
lokal
c. Mensuplai pasar lokal dari sumber global
d. Memenangkan strategi bila perusahaan dpt
menciptakan keunggulan bersaing dgn membatasi globalisasi dari rantai nilai à
harus memahami keterbatasan dari keunggulan bersaing (not too ambitious!)
5. Tahap 5: Perusahaan Transnasional
a. Penjualan, investasi dan operasi berada di banyak
negara
b. Perusahaan dunia terpadu yang menghubungkan sumber
daya global dengan pasar global untuk menghasilkan laba
c. Geosentris - mengakui adanya persamaan dan
perbedaan dan mengadopsi pandangan dunia à Think globally act locally
d. Mengadopsi strategi global à menambah nilai
e. Pengetahuan dalam transnasional
diciptakan oleh seluruh fungsi di semua lokasi dan dikembangkan bersama serta
disebarkan ke seluruh dunia.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar